PIDATO IMUNISASI


KARYA BAGJA

Assalamualaikum Wr. Wb.
Kepada para hadirin sekalian,
Saya akan menyampaikan mengenai pentingnya imunisasi bagi bayi Anda. Imunisasi yang sah harus mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Saat bayi Anda lahir pertama kali, penting untuk memberikan imunisasi hepatitis B.
Bahkan sangat disarankan, pemberian imunisasi tersebut dilakukan pada 12 jam pertama setelah bayi dilahirkan. Imunisasi hepatitis B ini berguna untuk mencegah terjadinya kanker hati atau liver pada bayi. Kemudian saat bayi beranjak ke usia 1 bulan, maka bayi perlu diberikan dua macam imunisasi yaitu vaksin polio dan BCG.
Vaksin polio akan diberikan ke bayi melalui tetesan. Sedangkan BCG akan dimasukkan ke dalam tubuh bayi melalui suntikan. Vaksin BCG ini berfungsi untuk mencegah bayi terkena penyakit TBC (Tuberkulosis). Setelah bayi menginjak usia 2 bulan, maka bayi perlu diberi vaksin DPT yang berfungsi untuk mencegah terjangkitnya penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Harga dari setiap vaksin tersebut sudah pasti akan berbeda-beda.
Vaksin ini juga ada yang diproduksi secara lokal dan ada juga yang diimpor dari luar negeri, seperti Belgia dan Perancis. Biasanya vaksin impor akan memiliki kisaran harga sekitar 2 kali lipat dari harga vaksin lokal. Hanya saja, vaksin yang berasal dari luar negeri lebih tidak menimbulkan efek demam pada bayi dibandingkan dengan vaksin buatan lokal.
Walaupun demikian, faktanya juga hampir semua bayi yang disuntik dengan menggunakan vaksin lokal dan hidup dengan sehat sampai besar. Yang jelas, imunisasi bagi bayi itu sangat penting dan sebagai orang tua, Anda harus peduli mengenai hal itu.
Sekian pidato yang saya sampaikan. Apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "PIDATO IMUNISASI"

Posting Komentar