Dokumen Laporan pemanfaatan Sarana dan prasarana Kantor (sarpras kls 11)


Dokumen Laporan pemanfaatan Sarana dan prasarana Kantor

1.        Jenis – jenis laporan tertulis pemanfaatan sarana dan prasarana kantor
Segala hal dalam aktivitas perkantoran harus dilaporkan pada atasan, termasuk dalam hal pemanfaatan sarana dan prasarana perkantoran. Sebelum laporan pemanfaatan sarana dan prasaran perkantoran disajikan secara lisan, laporan terlebih dahulu disusun dalam bentuk tertulis secara sistematis sehingga mudah dipahami.
Berdasarkan bentuknya, laporan pemanfaatan sarana dan prasarana kantor dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.
a.         Laporan berbentuk surat, yaitu laporan yang diuraikan lebih panjang dari memorandum sebagaimana uraian dalam bentuk surat biasa. Jenis laporan ini dapat digunakan untuk bermacam – macam topic.
b.         Laporan berbentuk naskah, yaitu laporan yang diuraikan secara panjang, biasanya disusun seperti makalah. Materi laporan dibagi menjadi beberapa topik dan sub topic.
c.         Laporan berbentuk buku, yaitu laopran yang disusun dalam bentuk buku
d.         Laporan berbentuk formulir atau matriks, yaitu laporan yang penyusunannya mengisi pada blangko yang disediakan
e.         Laporan berbentuk memorandum atau nota, yaitu laporan yang diuraikan secara singkat. Laporan ini dibuat dalam rangka proses hubungan kerja antara atasan dan bawahan atau antar unsur – unsur dalam suatu instansi.
2.         Teknik penyusunan laporan pemanfaatan sarana dan prasarana
Pada dasarnya, tata cara penyusunan laporan dimulai dari tahap persiapan yang mencangkup penentuan kerangka permasalahan, tujuan penulisan laporan, dan proses pengumpulan data. Tahap berikutnya adalah membuat kerangka laporan. Adapun tahap terakhir adalah penulisan laporan itu sendiri.
Teknik pembuatan laporan pemanfaatan sarana dan prasarana dapat di laksanakan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut.
a.         Memeriksa barang
b.         Menghitung persediaan barang awal tahun anggaran
c.         Menghitung penerimaan dan pengadaan barang
d.         Menghitung pengeluaran barang
e.         Menghitung sisa persediaan
f.          Mencatat mutasi barang
g.         Melaporkan kepada atasan atau pimpinan

contoh table berikut!

Nama Tokoh
Ide/pendapat tentang teknik penyusunan laporan pemanfaatan sarana dan prasarana
Kesimpulan








tugas
 https://bit.ly/sarpaskelas11

Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "Dokumen Laporan pemanfaatan Sarana dan prasarana Kantor (sarpras kls 11)"

Posting Komentar