Soal bahasa indonesia smk terintegrasi jurusan OTKP

 

SOAL BAHASA INDONESIA SMK

INTEGRASI  JURUSAN OTKP

            Mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMK memiliki perbedaan dalam penerapan dibandingkan dengan jenjang SMA/MA. Secara umum materi yang diberikan adalah sama sesuai dengan kurikulum pendidikan Indonesia. Perbedaan ini mengacu kepada jurusan yang ada di sekolah smk tersebut dan setidaknya 30 persen terintegrasi dengan jurusan yang ada.

            Terdapat beberapa jurusan yang ada di sekolah jenjang smk diantaranya; otkp, tkr, tkj, pertanian, dan sebagainya. Dibawah ini diinformasikan beberapa contoh soal Bahasa Indonesia yang terintegrasi atau sudah disesuaikan dengan jurusan yaitu OTKP/administrasi perkantoran.

contoh soal:

Soal bahasa indonesia smk terintegrasi jurusan OTKP

Perhatikan dengan cermat teks di bawah ini

Seorang manajer perusahaan sedang melakukan inspeksi mendadak untuk mengecek kinerja para karyawannya. Di ujung pabrik ia melihat seorang pekerja sedang duduk malas di pos jaga. Sang manajer kemudian menghampiri pekerja tersebut dan bertanya, “Berapa rupiah kamu digaji setiap minggunya?”

Pekerja tersebut kemudian menjawab, “Saya dibayar lima ratus ribu rupiah per minggu”. Dengan agak kesal Sang Manajer kemudian mengambil uang dari dompetnya dan berkata, “Ambillah uang lima ratus ribu ini, pergi dan jangan pernah kembali lagi ke pabrik ini!”

Setelah memberikan uang, si manajer kemudian bertanya kepada supervisor-nya, “Sudah berapa lama orang itu bekerja di pabrik ini?” Supervisor menjawab, “Dia tidak bekerja di perusahaan kita, dia hanya seorang pengantar pizza”. Sang Manajer, “Apa…???”

 

        Bagian yang termasuk reaksi dalam struktur anekdot dari cerita di atas adalah ….

a.       Di ujung pabrik ia melihat seorang pekerja sedang duduk malas di pos jaga.

b.      Seorang manajer perusahaan sedang melakukan inspeksi mendadak untuk mengecek kinerja para karyawannya.

c.       Sang manajer kemudian menghampiri pekerja tersebut dan bertanya, “Berapa rupiah kamu digaji setiap minggunya?”

d.      Dengan agak kesal Sang Manajer kemudian mengambil uang dari dompetnya dan berkata, “Ambillah uang lima ratus ribu ini, pergi dan jangan pernah kembali lagi ke pabrik ini!”

e.       Supervisor menjawab, “Dia tidak bekerja di perusahaan kita, dia hanya seorang pengantar pizza”. Sang Manajer, “Apa…???”

 

Suatu usaha baik skala besar maupun kecil membutuhkan laporan keuangan. Tujuan membuat laporan ini adalah mengetahui untung atau rugi usaha kita. Sebagai seorang usahawan laporan menjadi vital. Bahan pertimbangan strategi dalam menjalankan usaha. Sebagian orang menganggap laporan keuangan kurang penting.

 

        Teks diatas merupakan teks eksposisi. Dalam struktur pembangunnya harus terdapat 3 bagian. Pernyataan diatas termasuk bagian ….

a.    Orientasi

b.    Abstrak

c.    Penegasan ulang

d.   Tesis

e.    Argumen

 

    Ahmad merupakan salah seorang anggota dari bagian penjualan dan pemasaran (Marketing) di perusahaan tempat nya bekerja. Pada hari itu dia akan melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh direktur perusahaan yaitu mengobservasi ke lapangan untuk mengetahui sambutan masyarakat akan produk yang baru dipasarkan. Agar penelitiannya menjadi sebuah laporan yang dapat dipahami oleh direktur/semua pihak maka yang harus dilakukan oleh ahmad adalah …..

a.    Membuat Laporan penelitian

b.    Membuat Laporan Hasil Observasi

c.    Membuat Bagan Neraca Perdagangan

d.    Membuat Laporan Kinerja Kerja Pegawai

e.    Menysun Laporan Kerugian Dan Keuntungan

Soal bahasa indonesia smk terintegrasi jurusan OTKP




Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "Soal bahasa indonesia smk terintegrasi jurusan OTKP"

Posting Komentar