MENUNTUT ILMU (PIDATO ANAK) KARYA SINSIN

 

assalamualaikum ya akhi ya ukhti 2*

salam salam hai saudara ku semoga alloh merahmati mu

salam salam duhai semua semoga hidup aman bahgia

sekali lagi salamnya yah assalamualaikum Wr.Wb.

alhamdulillah hirobbil ‘alamin wassolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiyai wal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in (ama ba’du).

pertama tama yang paling utama marilah kita panjatkan puji dan puja kepada tuhan yang maha mulia, solawat beserta salam marilah kita panjatkan kepada nabi kita tercinta Habibana Wanabiana Muhammad saw, tak lupa juga kepada guru-guru yang sangat saya hormati, dan kepada teman-teman yang saya banggakan.

Di era modern ini kita generasi muda di tuntut untuk menjadi generasi yang mandiri dan memiliki kreativitas tinggi. Oleh karena itu, kita juga harus memiliki pengetahuan yang luas bukan hanya tentang ilmu akhirat saja, namun ilmu keduniaannya juga. Kita harus bisa menyeimbangkan antara ilmu dunia dan ilmu akhirat. Mengapa harus di seimbangkan? Karena percuma saja kita terus mengejar dunia tanpa akhirat tidak akan pernah ada puasnya. Menurut kitab kifayatul atkia Kita di dunia itu hanyalah seorang pengembara yang mengendarai perahu mengarungi  lautan dengan tujuan mencari daratan. Dalam perjlan tersebut tewntu sja kita akan membutuhkan banyak sekali bekal.  Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan tambahan nah ilmu akhirat itu di ibaratkan sebagai kebutuhan pokoknya dan ilmu dunia itu di ibaratkan kebutuhan tambahannya.   

Kita harus ingat segala yang kita miliki akan pergi atau kita yang akan meninggalkan semua yang kita miliki seperti dalam lagu wali:

Orang kaya mati

Orang miskin mati

Raja-raja mati

Rakyat biasa mati

Jadi  kita sebagai generasi muda harus selalu semangat dalam menuntut ilmu karena menurut pribahasa “menuntut ilmu itu berawal dari kita lahir ke dunia hingga kita di pulangkan kembali kedalam dunia (qubur) dan janganlah menjadi orang yang cinta dunia karena sesungguhnya dunia itu hanyalah sementara.   

Akhir kata:

 Bila ada jarum yang patah jangan di  simpan di dalam peti

 Bila ada kata-kata yang salah jangan di masukan ke dalam hati

Bilahi taupik walhidayah Wassalamualaikum Wr. wb

Related Posts:

Comments
0 Comments

0 Response to "MENUNTUT ILMU (PIDATO ANAK) KARYA SINSIN "

Posting Komentar